Breaking News
Loading...

Mengenal Panel Surya

Share on Google Plus


Solar panel atau panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengkonversikan tenaga matahari menjadi listrik. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic yang dapat diartikan sebagai “Cahaya Listrik”. Sel surya atau sel photovoltaic bergantung pada efekphotovoltaic untuk menyerap energy Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan yang berlawanan. Solar panel merupakan komponen terpenting dari sebuah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Apa itu PLTS ? PLTS (Pembangkit listrik tenaga surya) adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk menyebut sebuah sistem pembangkit listrik mandiri yang energinya bersumber dari sinar matahari .

Ada beberapa jenis dan tipe dari solar panel, yaitu :

a)     Panel Surya Monocrystalline

Panel Surya Monocrystalline berbentuk kotak atau persegi dan biasanya berwarna hitam. Panel surya ini mempunya daya serap sangat tinggi ketika matahari sedang terik. Namun ketika sinar matahari berkurang atau mendung, panel surya tidak akan berfungsi.

b)     Panel Surya Polycrystalline
     Panel Surya Polycrystalline berbentuk kotak atau persegi dan biasanya berwarna kebiruan.  Panel surya jenis ini membutuhkan luar permukaan yang lebih besar dibandingkan jenis monocrystalline untuk menghasilkan daya listrik yang sama. Namun panel surya ini masih dapat menyerap energy listrik meskipun sinar matahari yang kurang atau sedang mendung. Harga nya pun lebih mahal dibandingkan panel surya monocrystalline.


c)      Panel Surya Amorphous
d)     Panel Surya Compoung (GaAs)
Hanya jenis polycrystalline dan monocrystalline saja yang banyak digunakan di Indonesia.

Ada 3 sistem pembangkit listrik tenaga surya :

1.      Sistem Off-Grid

Off-Grid Solar Power Sytem adalah sistem pembangkit listrik yang mengandalkan energy matahari sebagai satu satunya sumber utama energy dengab menggunakan rangkaian photovoltaic modul untuk menghasilkan energy listrik sesuai dengan kebutuhan. Sistem ini biasanya digunakan didaerah pedesaan atau terpencil yang jauh atau tidak terjangkau oleh jarring listrik (PLN)

2.      Sistem On-Grid

Rangakaian sistem ini tetap berhubungan dengan jaringan listrik (PLN) dengan mengoptimalkan pemanfaatn energy dari panel surya untuk menghasilkan energy semaksimal mungkin. Sehingga akan mengurangi tagihan lsitrik anda.

3.      Hybrid Sytem
Hybrid sistem adalah penggunaan 2 sistem atau lebih pembangkit listrik dengan sumber energy berbeda misalnya PLN, PLTA, PLTD, Tenga angin, Genset dll. Sistem ini memanfaatkan renewable energy sebagai sumber utama energy yang dikombinasikan dengan genset, PLTD atau yang laiinya sebagai cadangan.

1 Paket komponen pembangkit listrik tenaga surya terdiri dari :
·         Panel Surya
·         Inverter
·         Charge Controller
·         Kabel
·         Connector
·         Battery

Keunggulan tenaga listrik energy surya :
·         Energy terbarukan
·         Tidak memerlukan bahan bakar minyak
·         Kapasitas daya listrik dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan
·         Pemasangan yang mudah dan murah dalam perawatan
·         Tahan lama sekitar 15-20 tahun.
·         Cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia
·      Turut mengurangi pemansan global karena solar panel mengasilkan energy yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi
·  Dapat dipasang dimana saja dan mudah dipindahkan sesuai dengan yang dibutuhkan

Nah gimana sudah taukan apa itu panel surya. Selain mudah dipasang ternyata ada banyak manfaat untuk kita bila menggunakan panel surya untuk memenuhi kebutuhan lsitrik di rumah atau kantor anda. Jangan lupa untuk membeli panel surya beserta aksesoris nya disini ya >>  https://goo.gl/6Y0qy3


You Might Also Like

0 komentar

About me

Like us on Facebook