Breaking News
Loading...
, ,

Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Share on Google Plus


Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita.Tidak mengherankan banyak wanita yang rela mengeluarkan biaya yang tergolong mahal untuk melakukan perawatan rambut disalon demi mendapatkan rambut sehat dan indah yang menjadi idamannya.Sayangnya, perawatan rambut yang salah terkadang dapat menyebabkan berbagai masalah rambut, salah satunya rambut Rontok. Ada 2 jenis kerontokan rambut yaitu :

A.    Rambut rontok secara normal

Rambut rontok secara normal di tandai dengan helaian rambut yang utuh dengan ujung yang melingkar. Kerontokan terjadi secara alami atau secara biologis seperti sedang mengkonsumsi obat obatan, menjalani kehamilan, faktor hormonal, stress, dan makanan yang dikonsumsi

B.    Rambut rontok karena patah

Rambut rontok karena patah di tandai dengan helaian rambut yang patah patah dan rusak pada ujungnya. Kerontokan terjadi karena perawatan yang salah seperti, sering menggunakan hari dryer, bahan kimia, menyisir terlalu kencang dan lain lain.
Nah berikut beberapa cara alami mengatasi rambut rontok yang bisa anda terapak denga mudah :

1.    Nutrisi Rambut dari dalam


Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam pun yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut.Contohnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin B12.Karena protein dapat menghentikan kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.Selain itu vitamin B12 dapat menjaga sel sel pada rambut dan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat.

2.    Keramas dengan teratur


Jarang keramas adalah salah satu penyebab rambut rontok, karena rambut akan menjadi kotor dan berminyak sehingga rambut menjadi lepek. Namun terlalu sering keramas juga akan menghilangkan minyak alami rambut sehingga membuat kulit kepala menjadi rapuh. Lakukan lah keramas secara teratur maksimal 1 hari sekali atau minimal 2 hari sekali agar kesehatan rambut tetap terjaga.

3.    Kurangi pemakaian alat pemanas rambut


Alat pemanas rambut seperti pengering rambut, catokan atau pengeriting rambut memang berguna untuk mempercantik dan merapikan tatanan rambut anda. Namun bila dilakukan secara terus menerus, panas dari alat tersebut akan membuat rambut menjadi rapuh sehingga mudah patah dan rontok. Oleh sebab itu lebih baik mengeringkan rambut secara alami dengan menggunakan handuk dan mengering dengan sendirinya.Bila memang harus menggunakan alat alat pemanas tersebut, jangan lupa untuk memakai vitamin rambut agar kelembaban rambut tetap terjaga dan pastikan suhu yang keluar dari alat tersebut tidak terlalu panas.

4.    Jangan mengikat rambut terlalu kencang

 

Bagi wanita biasanya mengikat rambut dilakukan untuk memperindah penampilan. Namun jangan terlalu sering mengikat rambut, apalagi mengikatnya terlalu kencang .itu akan menyebabkan akar rambut tertarik dan akhirnya menyebabkan kerontokan. Usahakan agar tidak mengikat rambut lebih dari 2 jam karena ikatan rambut yang kuat tidak hanya membuat rambut rontok tapi jugta akan menimbulkan sakit pada kepala anda.

5.    Hindari sinar matahari langsung dan polusi 

 

Sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk kehatan tubuh kita, namun bila terlalu lama dibawah sengatan sinar matahari akan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya menurunya kesehatan pada rambut yang berakibat berkurangnya keratin yang berfungsi sebagai penguat rambut dan membuat rambut jadi lebih berkilau. Anda bisa memakai topi atau pentup kepala agar tehindar dari paparan sinar matahari langsung dan polusi.

6.    Hindari dari kebiasaan merokok

 

Kandungan zat adiktif dalam rook ternyata tidak hanya dapat merusak paru paru, jantung dan sebagainya, namun dapat berpengaruh terhadap kesuburan dan kesehatan rambut karena rokok dapat mengganggu sirkulasi darah yang menuju ke folikel rambut

7.    Menggunakan bahan bahan alami

Mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan bahan alami sangatlah mudah.Selain tidak mengeluarkan biaya yang banyak, bahan bahan alami juga tidak menimbulkan efek samping terhadap kesehatan rambut kita. Nah berikut bahan bahan alami yang sering digunakan :

Lidah Buaya dan Madu

Khasiat lidah buaya dalam menutrisi dan menyehatkan rambut memang sudah tidak diragukan lagi.Salah satuNya mengatasi rambut rontok.Cara penggunaannya pun sangat mudah, yakni dengan memotong lidah buaya dan ambil gelnya.Lalu campurkan gel tersebut dengan sedikit madu lalu dileskan pada rambut anda. Diamkan selama 20 menit dan bials menggunakan shampoo dan air bersih.

Teh Hijau

 

The hijau mengandung antioksidan tinggi yang memiliki manafaat untuk mengurangi kerontokan rambut dan juga memberikan efek menyegarkan pada kulit kepala anda. Cara penggunaanya denga menyeduh teh hijau lalu balurkan pada seluruh permukaan rambut anda, dan diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas denga air hangat hingga bersih

Santan


Santan dikenal dapat menghaluskan dan melembutkan rambut.Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa santan juga mampu mengatasi rambut rontok. Caranya cukup balurkan santan kental pada kulit kepala hingga merata lalu tutup dengan handuk hangat lalu diam kan selama 20 – 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Nah ketujuh tips mengatasi rambut rontok secara alami diatas bisa anda lakukan di rumah. Selain itu anda juga bisa membeli bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat mengatasi rambut rontok di www.supermetroemall.com

You Might Also Like

0 komentar

About me

Like us on Facebook