Breaking News
Loading...
,

9 Tips Aman dan Nyaman Berbelanja Online

Share on Google Plus


Tips aman belanja online

Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, trend belanja oline pun semakin berkembang di masyarakat dan menjadi solusi berbelanja terutama untuk masyarakat yang mempunyai tingkat kesibukan yang sangat tinggi dan tidak mempunyai waktu untuk berbelanja ke pusat pusat perbelanjaan. Namun berbelanja online tetap membutuhkan kecermatan agar terhindar dari penipuan yang merugikan anda sebagai konsumen. Oleh karena itu, Simak 9 tips cara aman dan nyaman berbelanja online  :

Teliti Situs Web Toko Online 

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum berbelanja online adalah telitilah terlebih dahulu situs web toko online tersebut,, apakah memilki tampilan design yang professional atau asal asalan karena toko online yang terpercaya akan membuat situs web nya menarik dan terpercaya. Selain itu cek juga nama domain situs web tersebut apakah menggunakan domain berbayar atau domain gratis dari situs blogspot, wordpress atau yang lainnya. 

Memeriksa informasi kontak

Setiap toko online yang terpercaya biasanya mencantumkan alamat toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon, WA, BBM atau Live Chat. Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk mengetahui apakah kontak tersebut benar benar valid atau tidak. 

Cek kebijakan yang berlaku 

Jangan lupa untuk membaca kebijakan kebijakan dari  toko online tersebut, seperti cara berbelanja, metode pembayaran, metode pengiriman dan ketentuan pengembalian dana atau barang yang cacat sehingga tidak merugikan anda sebagai pembeli, serta pastikan pula data data pribadi anda akan dilindungi dan tidak disebarluaskan ke pihak lain. . 

Jangan Tergiur dengan harga murah

Tidak di pungkiri harga yang murah menjadi daya tarik sendiri bagi kita untuk membeli suatu produk di toko online. Namun bila harga yang di tawarkan terlalu murah atau tidak masuk akal sebaiknya anda cari tahu dulu kisaran harga produk tersebut di pasaran untuk memastikan harga produk yang akan anda beli karena harga yang terlalu murah mungkin saja mengindikasikan penipuan atau produk yang dijual palsu / rusak 

Cermat dalam memilih produk 

Sebelum membeli suatu produk, pastikan anda membaca informasi dan deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu, Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Apabila masih ada yang kurang jelas anda bisa menghubungi nomor kontak toko online untuk mengetahui lebih detail produk yang akan anda beli agar ketika barang sampai ke tangan anda sesuai dengan yang diharapkan. 

Gunakan Password yang kuat

Setiap toko online biasanya mengharuskan pelanggan untuk melakukan log-in sebelum berbelanja yang dilengkapi dengan user name atau password. Buatlah password yang unik, kuat dan jangan beritahukan kepada orang lain agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Selain itu lakukan secara rutin untuk melakukan pergantian password

Periksa kembali pesanan

Sebelum melakukan pembayaran pastikan kembali bahwa anda sudah memesan produk sesuai dengan keinginan. Selain itu, pastikan pula bahwa total pembayaran, alamat tujuan dan nomor telepon sudah benar, untuk menghindari terjadinya kesalahan saat proses pengiriman barang. 

Pilih Pembayaran yang aman

Kemudahan berbelanja online kini semakin nyaman dan aman dengan beragam metode pembayaran seperti bank transfer, kartu debit, kartu kredit dan COD (Cash on delivery). Namun baru baru ini sering terjadi pencurian nomor kartu kredit dan kebocoran informasi kartu debit. Jadi lebih baik menggunakan bank transfer, tapi sebelumnya pastikan bahwa nomor rekening yang tertera atas nama perusahaan, yang dimana keamanannya lebih terjamin. Bila masih ragu anda bisa memilih fasilitas COD , karena selain lebih aman dan terhindar dari penipuan, anda bisa langsung melakukan komplain apabila barang yang sampai tidak sesuai dengan harapan

Simpan bukti transaksi pesanan

Simpan bukti transaksi pemesanan dan pembayaran anda sampai proses transaksi benar benar selesai, untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi kesalahan pengiriman atau kekeliruan pembayaran, anda bisa menggunakan salinan transaksi pemesanan dan pembayaran tersebut sebagai bukti. 
Itulah 9 Tips berbelanja online yang bisa anda gunakan sebagai panduan agar belanja lebih nyaman, aman dan terhindar dari penipuan. 
Selamat berbelanja 

You Might Also Like

0 komentar

About me

Like us on Facebook