Breaking News
Loading...
,

7 Prosedur Operasi Standar Menerbangkan Drone Bagi Seorang Pemula

Share on Google Plus

Cara menerbangkan drone

Apa itu Drone ? Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan oleh seorang pilot dari jarak jauh dengan menggunakan remote control. Drone dalam sejarahnya banyak digunakan untuk keperluan militer. Namun dengan perkembangan teknologi, drone saat ini banyak digunakan oleh orang orang yang mempunyai hobi fotografi, keperluan jurnalistik dan professional. Bila anda seorang pemula dan ingin menerbangkan Drone, simak tips prosedur operasi standar yang harus diperhatikan saat akan menerbangkan Drone :

Baca buku panduan

Bacalah buku panduan menerbangkan drone dan informasi spesifikasi drone yang telah anda beli. Pastikan anda mengetahui semua fitur, fungsi dan batasan batasan drone seperti kecepatan maksimal, lama waktu terbang dan jarak tempuh maksimal drone.

Pengecekan sebelum penerbangan

Sebelum terbang, lakukan beberapa pengecekan seperti :
  1. Baterai dalam keadaan penuh dan telah terpasang dengan benar
  2. Pastikan semua komponen sudah terpasang dengan benar, seperti baling baling, pijakan kaki, pelindung baling baling dll
  3. Periksa tombol, analog atau sensor pada remote control dan pastikan tidak ada yang rusak atau error

Cari Area yang luas dan aman

Hal utama yang harus di perhatikan dalam menerbangkan drone adalah tempat atau area yang akan digunakan, seperti :
  1. Area yang luas seperti lapangan bola dan terbuka
  2. Bebas dari pepohonan,bangunan, tower, dan tiang listrik
  3. Bebas dari keramaian
  4. Hindari area yang terdapat gelombang radio atau elektromagnetik dan memilki banyak koneksi WIFI karena dapat mengganggu sinyal drone

Pastikan keadaan cuaca

Saat akan menerbangkan drone pastikan cuaca cerah dan stabil karena drone sulit melawan angin kencang dan hujan.

Izin menerbangkan drone di tempat umum

Bila anda harus menerbangkan drone di tempat umum atau keramaian, pastikan meminta izin otoritas setempat yang berkepentingan agar tidak mengganggu privasi, merugikan atau bahkan membahayakan orang lain.

Lepas landas

Pastikan saat melakukan lepas landas drone berada di permukaan rata dan tidak berdebu karena pada saat take off debu dapat masuk dan mengotori motor drone. Selain itu jangan menerbangkan drone pada malam hari atau keadaan gelap karena sensor sistem stabilisasi drone tidak berfungsi apabilan permukaan tanah/landasan gelap.

Perhatikan waktu terbang

Setiap drone memiliki kemampuan waktu terbang nya masing masing. Pastikan anda selalu mengecek lama waktu terbang drone atau bisa menggunakan countdown timer handphone anda. Selain itu apabila ada peringatan baterai hampir habis, segera turunkan drone. Jika drone dipaksa terus terbang, akan mengakibatkan drone jatuh dan memperpendek umur baterai.

Itu dia beberapa prosedur operasi standar saat akan menerbangkan drone. Mudah bukan ? Namun bila anda masih ragu dan takut untuk menjadi pilot drone, jangan khawatir di SUPERMETROeMALL ada pilot drone berpengalaman yang akan membantu anda mahir untuk menerbangkan drone. Selain itu ada berbagai macam jenis drone dan accessories yang bisa anda beli untuk menunjang anda sebagai pilot professional. klik disini https://goo.gl/G0utd1

Selamat berbelanja :)

You Might Also Like

0 komentar

About me

Like us on Facebook