Breaking News
Loading...
, ,

Tips Men-charge Ponsel Dengan Benar

Share on Google Plus


Hai SME Lovers, Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana baterai ponsel tak kunjung penuh meskipun sudah di charge ber jam-jam ? Padahal normalnya hanya membutuhkan waktu 2-3 Jam saja sampai baterai terisi penuh. Apalagi dibarengi dengan baterai yang terasa panas saat sedang di charge. Atau mungkin baterai ponsel cepat habis padahal baru sebentar digunakan. Nah mungkin ada yang salah saat proses pengisian baterai ponsel kamu. Yuk simak tips tips mencharge ponsel dengan benar :

1.      Gunakan Charger Asli Ponsel


Kamu mungkin sering mencharge menggunakan charger ponsel lain. Meskipun sama dan baterai terisi, namun harus diketahui bahwa daya dan ampere yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda. Contohnya bila charger ponsel kamu membutuhkan daya 15 watt saat mencharge, tapi charger ponsel lain yang kamu gunakan hanya berdaya 10 watt, itu akan memperlama proses pengisian baterai. Selain itu bila dilakukan terus menerus akan memberikan resiko baterai jebol dan cepat menggembung. Jadi gunakanlah charger yang sesuai dengan merk dan tipe ponsel kamu ya.

2.      Pastikan Kepala dan Kabel Charger dalam kondisi baik


Saat mencharge pastikan kepala dan kabel charger kamu dalam kondisi baik ya. Karena jika kepala dan kabel charger rusak tidak akan menghantarkan arus listrik ke ponsel kamu sehingga baterai ponsel tidak akan terisi. Selain itu kerusakan pada charger akan membuat baterai ponsel juga mengalami kerusakan. Nah biasakan untuk menyimpan charger dengan baik, jangan dilipat atau dipelintir dan gulunglah dengan rapi. Kamu juga bisa menggunakan pelindung kabel agar kabel  charger tidak cepat rusak dan kotor.

3.      Jangan menunggu daya baterai sampai habis


Kebiasaan mencharge ponsel saat baterai sudah kosong atau hampir habis akan membuat baterai ponsel cepat ngedrop. Lebih baik mencharge ponsel saat indicator baterai menunjukan angka 25-30% agar baterai kamu berumur panjang.

4.      Jangan men-charge ponsel semalaman

Mungkin kamu sering mencharge ponsel semalaman agar besok pagi baterai terisi penuh dan siap digunakan. Jika iya, maka hilangkanlah kebiasaan tersebut. Baterai ponsel yang dicharge semalaman akan menyebabkan baterai kelebihan kapasitas dan menyebabkan kebocoran pada baterai bahkan beberapa kasus bisa menyebabkan ledakan. Meskipun beberapa ponsel canggih dan terbaru memiliki sistem Controlling Battery yaitu ketika baterai ponsel sudah terisi penuh, maka otomatis baterai akan berhenti mencharge. Namun tetap saja kebiasaan mencharge semalaman tidak baik untuk kondisi baterai ponsel kamu dan bisa juga membuat tagihan listrik kamu membengkak

5.      Gunakan Soket Listrik saat men-charge

Biasakanlah mencharge ponsel langsung mencolok nya ke terminal / soket listrik. Karena arus yang dihasilkan soket / terminal listrik lebih besar sehingga cepat dalam mengisi baterai ponsel kamu

6.      Hindari men-charge menggunakan laptop


Mengisi baterai dengan mencoloknya ke laptop tentu berbeda dengan mencoloknya langsung ke soket listrik . Karena arus yang dihasilkan laptop tidak sebesar yang dihasilkan soket listrik. Selain membutuhkan waktu yang lama untuk mencharge, baterai ponsel pun cepat panas sehingga bisa membuat baterai cepat rusak.

Dengan mengetahui tips tips mencharge ponsel dengan benar akan membuat baterai ponsel kamu awet dan tidak cepat rusak. Dan segala aktivitas yang berhubungan dengan ponsel kamu tidak terganggu. Nah jangan lupa untuk membeli ponsel beserta aksesories nya disini ya https://goo.gl/d1c07X


Happy Shopping J

You Might Also Like

0 komentar

About me

Like us on Facebook