Breaking News
Loading...
,

Brankas Digital vs Brankas Mekanik, lebih aman mana ?

Share on Google Plus





Brankas adalah lemari atau kotak besi yang biasa digunakan untuk melindungi barang barang berharga (uang, perhiasan, dokumen penting) dari berbagai macam bahaya seperti kebakaran, kebanjiran, pencurian dll.
Brankas biasanya memiliki bentuk kubus, balok atau silinder dan memiliki beberapa ukuran seperti brankas kecil/portable , berangkas yang di tempel di dinding atau disimpan di lemari dan brankas besar yang berbentuk ruangan.

Berdasarkan ketahanan nya, brankas dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
a.     Steel Safes
Brankas yang terbuat dari plat besi atau baja saja. Brankas jenis ini tidak tahan api dan biasanya digunakan untuk menyimpan uang atau barang dengan skala kecil atau sedikit
b.     Fire Safes
Brankas yang terbuat dari besi yang dilengkapi dengan fitur tahan api dan body brankas yang berdinding tebal.
c.     Fire and Bulglar Safes
Brankas yang terbuat dari besi yang dilengkapi dengan fitur tahan api dan tahan dobrak. Brankas ini sangat direkomendasikan untuk keamanan barang barang berharga anda karena dilengkapi dengan fitur relocking (penguncian otomatis khusus) dan biasanya body brankas terlihat berdinding tebal dari brankas fire safes.

Dari segi kunci pengamanan , brankas terbagi menjadi 2 macam yaitu kunci digital dan kunci mekanis/analog.
Brankas digital adalah brankas yang mempunyai kode kunci kombinasi angka yang dibantu sistem elektronik digital dan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan :


-          Lebih banyak kombinasi angka
Brankas kunci digital memiliki angka kombinasi yang banyak kemungkinan nya dibandingkan brankas kunci mekanis dan bersifat tidak terbatas sehingga bisa diatur kode kunci nya sesuai dengan keinginan
-          Mudah Dioperasikan
Brankas kunci digital lebih mudah digunakan karena anda hanya mengatur pada menu pengaturan kode kunci brankas dengan menekan angka angka yang menjadi kode kunci pilihan anda dan mengkonfirmasinya.
-          Membutuhkan perawatan ekstra
Karena menggunakan sistem elektronik digital otomatis brankas ini memerlukan perawatan yang ekstra yang sistem operasionalnya memerlukan baterai yang memang tidak bertahan lama dan harus diganti secara berkala.

Brankas kunci mekanik / analog adalah brankas yang mempunyai system kunci berbentuk analog yang cara penggunaannya dengan memutar analag sesuai dengan angka yang menjadi kode kunci brankas.


Pengaturan kode kunci pada brankas mekanik memang sedikit rumit dan kamu harus benar benar teliti saat melakukan pengaturan awal kode kunci brankas.
Misalnya untuk memutar angka kombinasi pertama, maka kunci mekanis brankas tersebut haruslah diputar sebanyak 4 putaran, angka kedua tiga putaran dan yang terakhir dua putaran karena brankas mekanik memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi jika akurtasi kode kunci anda kurang sedikit atau kurang beberapa derajat saja anda harus mengulangi proses nya dari awal dan harus benar benar tepat.

Jadi lebih baik brankas digital atau mekanik ?
Bila dalam memilih brankas anda mementingkan faktor kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaan lebih baik memilih brankas digital. Namun jika faktor keamanan yang anda utamakan maka lebih baik menggunakan brankas mekanik. Mengapa ?


Perhatikan gambar diatas, gambar diatas adalah keypad kunci kombinasi digital yang disinari dengan lampu ultraviolet. Angka angka yang menjadi kode kombinasi untuk membuka brankas akan lebih sering ditekan sehingga akan mengakibatkan sidik jari pengguna hanya terdapat pada tombol angka tersebut. Dan ini dimanfaatkan para pencuri untuk menebak dan mencoba satu persatu kemungkinan angka kombinasi yang tersusun dari angka angka yang diketahuinya.
Tapi sekarang ini sudah banyak brankas yang memiliki kode kunci digital dan mekanis. Dan biasa dipakai oleh perusahaan besar dan bak bank karena sistem keamanan nya lebih terjaga.

Nah sudah tahukan perbedaan brankas kunci digital dan brankas kunci mekanik. Jadi apa pilihan anda? Jangan lupa untuk membeli brankas yang anda butuhkan hanya di SUPERMETROEMALL. Klik disini ya >> https://goo.gl/HZf3a7

Happy Shopping J





You Might Also Like

0 komentar

About me

Like us on Facebook